Ayo Pendekatan Dengan Adsense

Halo sobat blogger semua, kali ini saya akan memberikan artikel mengenai Adsense. Sekilas tentang Google Adsense, AdSense merupakan sebuah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Mengenal google adsense

Bebarapa minggu yang lalu dunia maya sempat dihebohkan dengan salah satu akun facebook yang meng-upload uang gopekan hasil main adsense ke facebook, namanya adalah mas Dian, Mas dian merupakan salah satu diantara beribu Blogger yang telah berhasil menikmati uang dari google adsense, banyak blogger yang terpukul atas foto yang diunggah mas dian tersebut, ada yang tidak percaya dan ada juga yang percaya.

Dengan melihat banyaknya orang-orang yang telah sukses dengan google adsense saya sendiri sebagai seorang blogger yang masih pemula tentunya lebih bersemangat ngeblog. Karna setiap keberhasilan yang orang capai merupakan motivasi tersendiri bagi saya dalam mendulang dollar dari Google Adsense. Bagi teman-teman yang penasaran dengan apa yang barusan saya katakan berikut ini merupakan Foto hasil main adsense dari mas Dian.


Gimana?? Percaya atau tidak Foto tersebut adalah asli dan merupakan milik dari mas dian Hasil dari main Google Adsense.  Jika teman-teman tertarik untuk lebih mengenal Google Adsense silahkan lanjutkan untuk membaca, Disini saya akan jelaskan pengertian dan cara kerja Google Adsense secara garis besar.

Google Adsense, program affiliasi untuk bisnis internet yang sangat popular di dunia online saat ini. Semua orang bisa berpartisipasi menjadi pengiklan bagi google dengan syarat mudah dan cepat, cukup dengan menempatkan iklan-iklan google di situs mereka.

Dengan metode komisi pay per click (PPC), menghasilkan uang dari google metodenya jauh lebih sederhana dan sangat liquid, beda dengan affiilasi lainnya, yang mengharuskan kita menjual sesuatu baru mendapatkan komisi. Google Adsense telah membawa revolusi baru dalam bisnis internet, pogram ini telah menghasilkan jutawan online tanpa harus mencari investor-investor besar seperti yang biasa dilakukan perusahaan-perusahaan dot com dari Silicon valley.

Apa itu Google Adsense??

Sebelum mengenal lebih dalam tentang Google Adsense, ada baiknya teman-teman terlebih dahulu mengetahui Google Adwords yang merupakan cikal bakal kelahiran Google Adsense. Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu.

Contoh : jika kita melakukan pencarian di google dengan kata kunci welding misalnya, maka selain hasil pencarian, di bagian seperempat di sebelah kanan akan muncul Sponsored Link / Pesan Sponsor.

Tentu saja, para pemasang iklan akan dikenakan sejumlah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya. Namun Google menyadari, meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia yang memakai google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di google adwords, belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet.

Oleh karena itu mereka menawarkan kepada pemilik situs untuk memasang iklan google adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense . Jika ada seseorang yang mengunjung situs peserta adsense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google, metode pembayaran komisi seperti ini biasa disebut dengan nama pay per click (PPC).

Berapa banyak komisi yang Diterima?

Komisi yang didapatkan tergantung iklan yang ditempatkan di situs kita. Google sendiri akan menempatkan iklan sesuai dengan isi/content situs . Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords, misalnya kata kunci welding mungkin cuma dihargai 0.5 dolar per klik, tetapi kata kunci insurance misalnya bisa dihargai hingga 30 dolar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi inilah yang disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Situs-situs dengan topik spesifik untuk kata kunci (keyword) tertentu disebut situs niche. (contoh situs niche http://www.welding-engineering.com/ dengan topic welding).

Bayangkan jika kita bisa membuat situs yang dikunjungi 1000 orang per hari , dan asumsikan ada 10% yang mengklik iklan dengan komisi 1 dolar per klik, maka dalam sehari situs itu sudah menghasilkan 100 dolar/hari atau 3000 dolar per bulan. Lumayan kan, jauh lebih tinggi dari gaji fresh graduate. Seandainya punya 10 situs serupa, hitung aja sendiri penghasilannya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa orang yang meraih komisi diatas 10.000 dolar per bulan, yang dapat ribuan dolar sudah banyak, apalagi yang cuma ratusan.

Di Amerika sendiri, banyak yang sudah mendapat ratusan ribu bahkan jutaan dolar, seperti situs plentyoffish. com ( perjodohan) atau digg.com ( berita) atau ezinearticles. com, hebatnya rata-rata situs mereka bukan lahir dari perusahaan-perusahaan besar silicon valley ( seperti yahoo, google, etc), tapi dari rumahan, ya dari rumah dengan modal PC yang terkoneksi ke internet.

Bagaimana cara ikutan Program Google Adsense?

Dari keterangan yang saya sebutkan di atas, tentu saja untuk ikut program ini, yang harus kita punya adalah situs untuk meletakkan iklan, kalau berdagang, situs ibarat toko, dan iklan adalah barang dagangannya. Setelah punya situs dengan topik/niche tertentu (e.g. education, consultant, farm, etc), kita bisa apply di google.com/adsense , lakukan registrasi, kemudian google akan mereview situs kita, jika memenuhi syarat dan diterima, google akan memberikan kode-kode html yang bisa kita masukkan di situs kita.

Bagaimana kalau saya tidak bisa membuat website? Jangan khawatir, untuk pemula bisa menggunakan blog, blog juga bisa dipasangi adsense. Namun sebelum memulai mendaftar blog ada baiknya teman-teman mempersiapkan Gmail terlebih dahulu, bagi yang sudah meiliki Gmail silahkan lanjut, bagi yang belum silahkan daftar disini Gmail. Berikut langkah-langkah membuat blog adsense:

  • Daftar Blog, di Blogger.com
  • Tentukan topik atau niche blog yang akan dibuat, misal ; kesehatan. music, teknologi. dll
  • Posting 10-15 artikel sesuai topik yang sudah teman-teman pilih.
  • Daftarkan Blog ke Google Adsense.
  • Pasang Iklan
Setelah pengajuan diterima, kita akan disuruh untuk memasang iklan kedalam blog sebagai review kedua, jika blog telah di approve sepenuhnya kita bisa menambah dan memasang iklan diblog atau situs lainnya yang kita miliki, untuk cara memasang script iklan adsensenya setelah membuat iklan silahkan teman-teman copy paste ke blog.

Untuk waktu approval dari google, tergantung blog, bisa langsung approve, atau sehari malah kadang lebih. Perlu diketahui ada beberapa macam type iklan di google, namun yang umum dipakai adalah adsense for content dan adsense for search .

Langkahnya selanjutnya adalah mendatangkan pengunjung, karna tanpa pengunjung kita tidak akan pernah mendapatkan uang, kita hanya akan dibayar apabila setiap pengunjung atau visitor mengklik iklan yang ada di blog/web kita, Semakin banyak visiotor blog, berarti semakin tinggi kemungkinan iklan di klik dan semakin banyak komisi yang kita terima.

Untuk mendatangkan trafic atau pengunjung teman-teman perlu mempelajari yang namanya ilmu SEO. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang SEO silahkan teman-teman search di Google. Saya rasa cukup sekian dulu artikel dalam kesempatan kali ini, semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat bagi teman-teman semunya, Jika masih ada yang kurang jelas silahkan teman-teman tanyakan dikolom komentar, terima kasih.


EmoticonEmoticon

loading...